Pengurus LBN-U Nias Utara Masa Bhakti 2016-2021 Dikukuhkan

untitled-2-1
Nias Utara, zonasumut.com – Pengurus Lembaga Budaya Nias Utara (LBN-U) Masa Bhakti 2016-2021 yang dilaksanakan di Aula Pendopo Kabupaten Nias Utara dikukuhkan Bupati Nias Utara M. Ingati Nazara, A.Md, (17/11/2016).

Acara tersebut di hadiri Bupati Nias Utara M. Ingati Nazara beserta Nyonya, Wakil Bupati Nias Utara Hagosochi Hulu, SE.MM beserta Nyonya, perwakilan tokoh masyarakat se-Kepulauan Nias Firman Jaya Daeli, Sekretaris Yayasan Museum Pusaka Nias Ir. Otorius Harefa, Para Staff Ahli Bupati Nias Utara dan Asisten Sekda, para Kepala SKPD Lingkup Pemerintahan Kabupaten Nias Utara dan para tokoh masyarat serta tokoh adat se-Kabupaten Nias Utara.

Haogosochi Hulu, SE.MM Wakil Bupati Nias Utara sekaligus Ketua Umum Pengurus Harian LBN-U terpilih menyampaikan rasa terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Nias Utara yang telah memberikan kepercayaan kepada seluruh pengurus untuk memikirkan dan merencanakan beberapal hal yang terkait dengan pembangunan kebudayaan di Kabupaten Nias Utara.

Pada kesempatan itu juga mengharapkan kerjasama yang baik dari berbagai pihak baik dari Pemerintah, Tokoh Masyarakat dan kepada seluruh masyarakat Nias Utara dalam hal mewujudkan visi-misi dari LBN-U selama lima tahun yang akan datang terlebih-lebih dalam hal pengadaan sarana dan prasarana yang dibutuhkan seperti ketersediaannya gedung yang akan dijadikan sebagai tempat pusat latihan.

Selanjutnya mewakili tokoh masyarakat se-Kepulauan Nias Firman Jaya Daeli menjelaskan bahwa kebudayaan merupakan aspek yang sangat penting dalam berbagai aspek kehidupan berbangsa dan bernegara bahkan dalam unsur politik pun harus memiliki kebudayaan. Firman Jaya Daeli sangat menyambut baik telah terbentuknya Lembaga Budaya Nias Utara ini. Selanjutnya beliau mengharapkan agar dalam pembangunan kebudayaan di Kabupaten Nias Utara agar sejalan dengan Nawacita Jokowi-JK yakni Revolusi Mental.

Melalui kata arahan dan bimbingan Bupati Nias Utara menjelaskan bahwa budaya merupakan sebuah bentuk kearifan lokal yang terus menerus harus dilestarikan dan menjadi cirikhas suatu bangsa atau daerah. Bupati Nias Utara mengharapkan melalui Lembaga Budaya Nias Utara (LBN-U) Kabupaten Nias Utara mampu mengatasi dampak negatif dari era globalisasi yakni pengaruh budaya-budaya asing yang tidak sesuai dengan falsafah dan gaya hidup masyarakat. Lebih lanjut Bupati Nias Utara menjelaskan bahwa secara khusus kebudayaan-kebudayan di wilayah Kabupaten Nias Utara begitu beraneka ragam dan terdapat perbedaan antara Kecamatan yang satu dengan Kecamatan yang lainnya, untuk itu beliau mengharapkan agar perbedaan-perbedaan tersebut tidak menjadi pemisah diantara masyarakat tetapi menjadikannya sebagai kekayaan budaya yang patut dibanggakan sebagai warisan leluhur yang bernilai sangat mulia.

M. Ingati Nazara, A.Md Bupati Nias Utara mengharapkan dengan terbentuk dan terpilihnya pengurus harian Lembaga Budaya Nias Utara (LBN-U) bersama-sama dengan dinas terkait kiranya dapat memberikan kontribusi yang baik dalam hal melestarikan, memajukan dan menggali lagi kebudayaan-kebudayaan beserta situs-situs sejarah yang ada di Kabupaten Nias Utara.

Pada acara pelantikan/pengukuhan pengurus ditandai dengan pemukulan gong Bupati Nias Utara dan dilanjutkan dengan penyerahan SK Susunan Pengurus LBN-U Masa Bhakti 2016-2021 secara simbolis. Susun pengurus LBN-U terpilih Unsur Pelindung : 1. Bupati Nias Utara, 2. Wakil Bupati Nias Utara sekaligus sebagai Ketua Umum LBN-U, 3. Pimpinan DPRD Kabupaten Nias Utara, 4. Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Utara. 1. Unsur Penasehat : Buala Zega, 2. Otomosi Harefa, 3. Fonaziduhu Hulu, 4. Pdt. Metieli Harefa, S.Th. Pengurus Harian : 1. Daliwanolo Telambanua, SE s Sekretaris Umum, 2. Herman Zebua, S.Pd Bendahara Umum. Acara pengukuhan pelantikan Pengurus Harian Lembaga Budaya Nias Utara (LBN-U) masa bhakti 2016-2021 ini berlangsung baik dan lancar. Acara tersebut diselingi dengan atraksi kebudayaan berupa tari-tarian tradisional dari sanggar tari LBN-U Nias Utara.

(HMS/Bw.Zend/Tonazaro Harefa)

Tinggalkan Balasan

Top