Pokdarwis Nias Utara di Lantik

acara-pelantikan-pokdarwis

NIAS UTARA, zonasumut.com – Acara pelantikan Pengurus/Anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kabupaten Nias Utara Tahun 2016 dilaksanakan di Pantai Indah Tureloto Desa Balefadorotuho Kecamatan Lahewa, Kelompok yang dilantik Pokdarwis Lafau Indah 7 Pulau Pesona Desa Sihene’asi Kecamatan Lahewa, dan Pesona Batu Otak Desa Balefadorotuho Kecamatan Lahewa, (08/12/2016) lalu.

Pelantikan pengurus/anggota dilaksanakan Bupati Nias Utara M. Ingati Nazara, A.Md turut dihadiri Ketua TP-PKK Kabupaten Nias Utara, para Staff Ahli lingkup pemerintahan Kabupaten Nias Utara, Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Camat Lahewa, para panitia, para tokoh masyarakat, para pengurus/anggota dari masing-masing kedua kelompok dan undangan lainnya yang berkesempatan hadir.

Adapun tujuan pembentukan Pokdarwis pertama untuk meningkatkan posisi dan peran serta masyarakat sebagai subjek ataupun pelaku penting dalam pembangunan kepariwisataan dan membangun serta menumbuhkan sikap dan dukungan positif masyarakat sebagai tuan rumah.

Melalui kata arahan dan bimbingan Bupati Nias Utara menjelaskan bahwa masyarakat adalah salah satu pemangku kepentingan untuk bersama-sama dengan pemerintah dan kalangan pengusaha ataupun swasta untuk bersinergi untuk mendukung dan melaksanakan pembangunan kepariwisataan. Untuk itu pembangunan kepariwisataan harus memperhatikan posisi, potensi dan peran masyarakat baik sebagai subjek, pelaku ataupun penerima manfaat pengembangan, karena dukungan masyarakat turut menentukan jangka panjang pembangunan kepariwisataan dan dukungan masyarakat dapat diperoleh melalui penanaman kesadaran masyarakat akan arti penting pengembangan kepariwisataan.

Bupati Nias Utara menjelaskan bahwa pembentukan Pokdarwis didasarkan pada amanat Undang-Undang No. 10 Tahun 2009 tentang kepariwisataan dan peraturan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata tentang sadar wisata. Keberadaan Pokdarwis perlu terus didukung dan dibina sehingga dapat lebih berperan efektif dalam turut menggerakkan partisipasi masyarakat untuk mewujudkan dukungan dalam menciptkan suasana yang kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya kegiatan kepariwisataan di sekitar destinasi dari pariwisata.

Kita berharap pada tahun 2017 akan bertambah pembentukan kelompok sadar wisata ini sehingga apa yang menjadi visi dan misi pemerintah daerah di bidang kebudayaan, pariwisata, pemuda dan olahraga dapat dicapai secara bersama-sama. Bupati Nias Utara menjelaskan bahwa pembangunan pariwisata juga memberi dampak yang sangat besar bagi masyarakat terutama dalam hal masuknya kebudayaan-kebudayaan luar.

Beliau menghimbau masyarakat untuk siap dalam hal menerima masuknya kebudayaan luar tapi itu bukan berarti kita meninggalkan dan menggeser nilai-nilai kebudayaan yang kita miliki. Lebih lanjut Bupati Nias Utara mengharapkan kepada seluruh masyarakat agar dapat menerima dan memberikan dukungan yang positif dalam hal pembangunan dan penataan lokasi pariwisata pada masa yang akan datang pada akhir kata arahan dan bimbingan Bupati Nias Utara mengucapkan selamat kepada pengurus/anggota Pokdarwis yang dilantik dan kiranya dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dan penuh tanggung jawab.

(HMS/Bw.Zend/Tonazaro Harefa)

Tinggalkan Balasan

Top