Melawan Kotak Kosong’ Partisipasi Masyarakat Pada Pilkada Tebingtinggi Diatas 60 Persen

Pj Walikota H OK Zulkarnain bersama Kapolres dan petugas PPS saat melakukan peninjauan ke TPS 02 Kelurahan Bulian dalam Pilkada Kota Tebingtinggi

TEBINGTINGGI, zonasumut.com – Tingkat partisipasi pemilih dalam Pilkada Walikota / Wakil Walikota Tebingtinggi diprediksi di atas 60 persen dari total 106.904 pemilih. Pasangan calon tunggal Umar Zunaidi Hasibuan-Oki Doni Siregar yang melawan ‘kotak kosong’ diperkirakan bakal memenangkan Pilkada serentak tahun 2017 ini. Meski demikian, diperkirakan pemilih kotak kosong cukup besar yang membuktikan adanya perlawanan terhadap pasangan petahana tersebut.

Pantauan dilapangan, Rabu (15/2), pelaksanaan pencoblosan tanda gambar di berbagai TPS Kota Tebingtinggi berlangsung sejak pukul 07.00 WIB. Suasana di berbagai TPS terlihat tenang, tertib dan aman. Warga yang menggunakan hak pilihnya, umumnya datang ‘melenggang’ ke TPS tanpa harus berdesakan, sehingga suasana TPS terkesan sunyi.

Hingga pukul 13.00 WIB, pada sejumlah TPS yang dikonfirmasi, umumnya jumlah warga yang menggunakan hak pilihnya berada diantara 40 hingga 50 persen dari total pemilih yang ada di setiap TPS. Meski ada juga TPS yang persentase kesertaan warga menggunakan hak suaranya di atas 50 persen maupun di bawah 40 persen.

Pj Walikota Tebingtinggi H OK Zulkarnain didampingi Kapolres Tebingtinggi AKBP Ciceu Cahyati saat meninjau TPS 03 Kelurahan Durian Kecamatan Bajenis, menyatakan keyakinannya akan tingginya partisipasi masyarakat dalam Pilkada Kota Tebingtinggi. Menurut perkiraannya, pemilih bisa menembus di angka 90 persen. “Saya optimis target pemilih bisa dicapai jika melihat kecenderungan pemilih yang datang hingga sekarang ini, baru pukul 10.00 sudah 30 persen”, ujar Pj Walikota.

Hal senada disampaikan anggota KPU Kota Tebingtinggi Zulkifli M Hassan yang menyatakan data sementara di KPU, jumlah partisipasi masyarakat pemilih mencapai di atas 60 persen. Dari jumlah itu, pemilih yang mencoblos tanda gambar sebanyak 70 persen, sedangkan yang memilih kotak kosong mencapai 30 persen dari total suara sah, jelasnya.

Sementara itu, hasil pengumpulan data di berbagai TPS Kota Tebingtinggi secara acak menunjukkan pasangan Petahana Umar Zunaidi Hasibuan-Oki Doni Siregar unggul atas kotak kosong. Misalnya, di TPS 0I Kelurahan Pasar baru Kecamatan Tebing Tinggi Kota, Umar-Oki meraih 186 suara, kotak kosong 53 suara dan batal 2 suara. Di TPS 06 Kelurahan Tambangan Hulu Kecamatan Padang Hilir, Umar-Oki 124 suara, kotak kosong 66 suara, batal 1 suara. Pada TPS 02 Kelurahan  Bulian Kecamatan Bajenis, Umar-Oki 102 suara, kotak kosong 44 suara dan batal 7 suara.

Kemudian, di TPS 06 Kelurahan Sri Padang Kecamatan Rambutan, Umar-Oki 91 suara, kotak kosong 85, batal 4 suara. TPS 05 Kelurahan Tanjung Marulak Kecamatan Rambutan Umar-Oki 209, kotak kosong 76, suara batal 3. Selanjutnya, TPS 09 Kelurahan Tebingtinggi Kecamatan Padang Hilir, Umar-Oki 138 suara, kotak kosong 109 suara, dan batal 7 suara.

Sedangkan laporan sementara dari Badan Kesbangpol dan Linmas Pemko Tebingtinggi, diperkirakan pasangan Petahana Umar-Oki unggul hingga 60 persen dari total suara yang sah.

(Ferdinan)

Tinggalkan Balasan

Top