Pemerintah Kota Gunungsitoli Tertibkan EKS Terminal Lama

Tampak walikota saat menrtibkan Eks terminal lama (Foto. Trozid harefa-Zonasumut.com)

GUNUNGSITOLI, zonasumut.com – Pemerintah Kota Gunungsitoli mekukan penertiban dan penataan lokasi Eks Terminal Lama Gunungsitoli, Jl. Diponegoro Kelurahan Ilir Gunungsitoli, hari ini Jumat (10/03/2017).

Pada penertiban tersebut Sebanyak 2 (dua) unit alat berat, sejumlah dumptruck, pengangkut sampah roda tiga digerakkan dalam pembongkaran ini, melalui Dinas terkait seperti Dinas PU, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas TRPK dengan penjagaan dari Satpol PP yang dibantu anggota Polres Nias dan anggota TNI 0213/Nias.

Walikota menginstruksikan agar penertiban dilakukan diseluruh area eks Terminal Lama, termasuk rumah papan yang biasanya digunakan untuk menyimpan barang. Hal ini semata-mata dilakukan oleh Pemko sebagai bentuk upaya penataan dalam mewujudkan Kota Gunungsitoli yang nyaman dan indah dari adanya kawasan terlihat semrawut dan kumuh.

Kepada Wartawan Walikota menyampaikan bahwa sosialisasi telah disampaikan sebelumnya secara berulang-ulang melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian maupun Bagian Humas Setda Kota Gunungsitoli, untuk mengimbau para masyarakat ataupun pedagang agar segera mengosongkan lokasi ini untuk kemudian direlokasi di area Terminal Faekhu Kecamatan Gunungsitoli Selatan, hal ini dimaksudkan agar masyarakat yang ditertibkan dapat tetap melakukan aktifitas berdagangnya dan tidak kehilangan mata pencaharian.

Ia juga menjelaskan bahwa lokasi ini nantinya akan direncanakan dibangun tempat yang dapat digunakan untuk fasilitas umum maupun bangunan yang memiliki manfaat bagi pemasukan daerah dan akan didesain sebaik-baiknya sehingga mampu mencerminkan ciri dari Kota Gunungsitoli yang Maju, Nyaman dan Berdaya Saing.

Dalam penertiban ini, warga terlihat kooperatif dengan kebijakan Pemerintah Kota Gunungsitoli ini, namun beberapa diantaranya mengeluhkan mengenai kepastian tempat di daerah relokasi yang sudah ditetapkan.

Lurah Ilir menyampaikan bahwa Pemerintah Kota melalui Dinas terkait nantinya akan melakukan pendataan dan selanjutnya akan diinformasikan sesegera mungkin kepada para pedagang.

Walikota dan Wakil Walikota Gunungsitoli yang turun langsung dalam penertiban ini didampingi oleh beberapa unsur Forkopimda, diantaranya Kapolres Nias, mewakili Dandim 0213 Nias, Sekda Kota Gunungsitoli, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra beserta Kepala Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Kota Gunungsitoli, Camat dan Lurah, Kepala Dinas Kesehatan Kota Gunungsitoli, Kepala Dinas PU Kota Gunungsitoli, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Gunungsitoli, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Gunungsitoli, Kepala Dinas TRPK Kota Gunungsitoli, Kabag Humas Setda Kota Gunungsitoli beserta rombongan Pemerintah Kota Gunungsitoli.

(Trozid harefa)

Tinggalkan Balasan

Top