Seni Budaya Khas Kabupaten Nias Selatan menjadi Penutup Pekan Raya Sumatera Utara ke-46 Tahun 2017

MEDAN, zonasumut.com – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi sangat berharap arena Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) hidup dan bergairah, tidak hanya semarak sebulan dalam setahun. Namun, arena PRSU dapat dimanfaatkan saat even tertentu atau hari-hari besar nasional maupun keagamaan sepanjang tahun.

“Selama ini PRSU semarak hanya di bulan Maret dan April saja saat memeriahkan Hari Jadi Provinsi Sumatera Utara,” sebut Gubsu Erry pada penutupan PRSU ke-46 tahun 2017 di areal PRSU Jalan Gatot Subroto Medan, Senin (17/04/2017) malam.

Ini pekerjaan kita bersama untuk menghidupkan PRSU. “Kami berharap Yayasan PRSU misalnya dalam menyambut Bulan Ramadhan, PRSU bisa melaksanakan even seperti Ramadhan Fair. Selain itu dalam menyambut Hari Kemerdekaan, Yayasan dapat melakukan even Kemerdekaan Fair dan lain sebagainya,’’ pinta Gubsu Erry.
Oleh karenannya PRSU yang terdiri dari paviliun-paviliun pemerintah daerah se-Sumatera Utara ini bisa menjadi miniaturnya Sumatera Utara. “Diharapkan PRSU harus terus kita dorong untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk-produk unggulan Sumatera Utara,” cetus Erry.

Melalui PRSU, kata Erry, para investor/pengusaha semakin mudah memperoleh informasi guna melakukan kerjasama perdagangan dan investasi dengan para pengusaha. “Keikutsertaan masyarakat dalam menumbuhkan seni budaya tradisional melalui pagelaran kesenian daerah dari suku dan etnik yang ada di Sumatera Utara, juga sebagai upaya untuk melestarikan berbagai bentuk budaya tradisional,” ucap Erry.

Selama satu bulan penyelanggaraan, even ini berhasil menyedot 310 ribu pengunjung, lebih banyak 60 ribu dibanding tahun lalu. Seperti halnya pembukaan PRSU ke 46 sebulan yang lalu, penutupan PRSU juga berlangsung dengan meriah. Pada penutupan ini menampilkan seni budaya khas Kabupaten Nias Selatan yang menjadi tuan rumah Penutupan PRSU yang ke-46.

Hadir Ketua TP PK Provsu Hj Evi Diana Erry, Kapoldasu Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel, Wakil Gubsu Nurhajizah Marpaung,  anggota DPRDSU, Konsul Jenderal Malaysia, Timbalan Ketua Menteri Pulau Pinang Dato’ Mohd Rashid bin Hasnon, para bupati dan walikota dan wakil bupati/wakil walikota, DPRD kabupaten/kota, tokoh masyarakat kabupaten Nias Selatan.

Ketua Yayasan PRSU Nuzirwan Lubis mengatakan berupaya membuat PRSU semakin semarak di tahun berikutnya. Tampilan-tampilan paviliun, juga semakin menarik, asri, bersih serta lebih kreatif dan berkualitas. “Diharapkan even PRSU menjadi sarana yang efektif bagi Pemkab dan Pemko untuk mensosialisasikan potensi sumberdaya daerah dan juga akan semakin baik di tahun mendatang,” sebutnya.

(BD04)

Tinggalkan Balasan

Top