Pemko Tebingtinggi Peringati Hari OTDA

TEBINGTINGGI, zonasumut.com – Pj Walikota Tebingtingg H OK Zulkarnain pimpin upacara pada pelaksanaan upacara memperingati Hari Otonomi Daerah ( OTDA ) ke-XXI yang dilaksanakan di halaman Kantor Walikota Tebingtinggi, Selasa (25/4).

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dalam amanatnya yang dibacakan PJ Walikota Tebingtinggi mengatakan bahwa peringatan Hari Otonomi Daerah yang dilaksanakan setiap tahun merupakan momentum untuk mengevaluasi perkembangan kinerja pelaksana otonomi daerah pada masing-masing daerah otonom. “Setiap pemerintah daerah harus senantiasa berupaya untuk meningkatkan kinerja yang telah dicapai, seraya mengatasi berbagai hambatan dalam pelaksanaan otonomi daerah”, sebutnya.

Dengan tema peringatan hari otonom daerah ke XXI tahun 2017 yaitu ‘Dengan semangat otonom daerah, kita tingkatkan kinerja pelayanan publik melalui E-Goverment’ ini diharapkan dari setiap aparatur Pemerintah daerah dapat melaksanakan dan memanfaatkan teknologi dengan baik.

Saat ini terdapat 542 daerah otonom yang terdiri dari 34 Provinsi, 415 Kabupaten, dan 93 Kota. “Berdasarkan hasil evaluasi kinerja penyelenggara Pemerintahan Daerah (EKPPD Tahun 2016 terhadap Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) tahun 2015, ada sejumlah pemerintah daerah dengan capaian kinerja sangat tinggi, namun ada pula yang capaian kenerjanya masih rendah”, sebut Mendagri.

Oleh karena itu, setiap pemerintah daerah diwajibkan untuk meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah. Manfaatkan seluruh potensi sumber daya daerah dalam rangka peningkatan, dengan melibatkan seluruh warga masyarakat dari kalangan dunia usaha, tegasnya.

Pemerintah Pusat melalui program Nawacita Kabinet Kerja, telah berketetapan untuk membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan serta senantiasa mendorong dan mendukung upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan kinerja penyelenggaraan Pemerintah Daerah, jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Pemerintah Kota Tebingtinggi mengumumkan pemenang perlombaan Inovasi Pelayanan Publik di Kelurahan dalam rangka hari otonomi daerah ke XXI tahun 2017, juara I Kelurahan Lubuk Raya Kecamatan Padang Hulu, juara II Kelurahan Lubuk Baru Kecamatan Padang Hulu dan juara III Kelurahan Lalang Kecamatan Rambutan.

Selain itu juga dilakukan penyerahan penghargaan kepada pemenang LPPD terbaik Kota Tebingtinggi tahun 2016 masing-masing kepada Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan serta penyusun LPPD SKPD terbaik diraih oleh Bukhori Qosyim (Dinas Sosial). (ferdinan)

Tinggalkan Balasan

Top