Pj Walikota Buka Sosialisasi Penegakan Hukum Lingkungan Hidup

TEBINGTINGGI, zonasumut.com – Pembangunan berbagai bentuk usaha atau kegiatan lainnya, pada dasarnya akan menimbulkan dampak terhadap lingkungan, untuk itu harus dilakukan analisis sejak awal perencanaan sehingga pengendalian dampak negatif dan pengembangan dampak positif dapat disiapkan sedini mungkin.
Hal itu disampaikan Pj Walikota Tebingtinggi H Zulkarnain diwakili Sekdako H Johan Samose Harahap saat membuka Sosialisasi Penataan, Penaatan dan Penegakan Hukum Lingkungan Hidup,  di gedung Hj Sawiyah Jalan Sutomo kota Tebingtinggi, Rabu (26/4/)
Dikatakan, perangkat atau intrumen yang dapat digunakan untuk melakukan hal itu adalah dokumen analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal), UKL/UPL (upaya pengelolaan dan pemantauan lingkungan hidup) dan SPPL (pernyataan kesanggupan dari penanggung jawab usaha untuk melakukan pengelolaan dan pemantuan lingkungan hidup).
“Momen hari ini sangat penting untuk memperlihatkan kepedulian, tanggungjawab dan tekad kita untuk melaksanakan UU N0.32 Tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan Lingkungan Hidup yakni dalam hal penegakan hukum. Untuk itu diharapkan kepada pelaku usaha agar sadar akan lingkungan hidup yang akan kita wariskan ke generasi selanjutnya”, ujar Pj Walikota.
Pada kesempatan itu, Pj Walikota mengingatkan kepada pihak perusahaan atau pelaku usaha agar melaksanakan upaya-upaya pencegahan kerusakan lingkungan hidup dan memelihara lingkungan, serta meningkatkan kelestarian lingkungan di tempat usaha. Kepada para pengusaha juga diingatkan melengkapi ijin-ijin yang berkaitan dengan lingkungan hidup yang sewaktu-waktu akan diperlukan.
Kegiatan sosialisasi penataan, penaatan dan penegakan hukum lingkungan hidup yang diselenggarakan Dinas Lingkungan Hidup Tebingtinggi dan diikuti para pelaku usaha skala besar dan kecil serta beberapa kepala SKPD terkait tersebut menampilkan narasumber Kajari Tebingtinggi H Fajar Rudi Manurung dan Kapolres diwakili Kasi Tipiter Polres Tebingtinggi Iptu Budi Sihombing.

(Ferdinan)

Tinggalkan Balasan

Top