Pemko Tebingtinggi Job Training PNS Yang Akan Pensiun

TEBINGTINGGI, zonasumut.com – Pj Walikota Tebingtinggi H OK Zulkarnain membuka Job Training Pra Pensiun PNS di lingkungan Pemerintah Kota Tebingtinggi yang bertema ‘Membangun Kemandirian, Keterampilan dan Kewirausahaan di Masa Pensiun’ dengan narasumber dari PT Bank Sumut Cabang Tebing tinggi, Rabu (3/5) di Gedung Hj Sawiyah Jalan Sutomo kota setempat.

Pj Walikota H Zulkarnain mengatakan, salah satu hal yang harus diketahui oleh seluruh pegawai bahwa PNS yang telah mencapai batas usia pensiun diberhentikan dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil. “Batas usia pensiun yang dimaksud adalah 58 tahun bagi pejabat administrasi, pejabat fungsional ahli muda, pejabat fungsional ahli pertama dan pejabat fungsional keterampilan. Kemudian 60 tahun bagi pejabat pimpinan tinggi dan pejabat fungsional Madya serta 65 tahun bagi pejabat fungsional ahli utama”, terangnya.

Terkait dengan peraturan pemerintah tersebut, maka para PNS yang memasuki usia pra pensiun harus siap menerima kenyataan bahwa masa pensiun adalah suatu hal yang pasti dialami oleh seluruh PNS, untuk itu perlu persiapan diri baik fisik maupun mental untuk menerima kenyataan tersebut, walaupun akan memasuki masa purna bhakti (pensiun) maka kita harus tetap bekerja dengan semangat dan penuh kreativitas.

Kepada para PNS yang akan memasuki masa pension, Pj Walikota mengajak agar mampu membangun kemandirian, keterampilan dan kewirausahaan di masa pension. Setelah purna bhakti seorang PNS bisa menambah aktifitas kewirausahaan, karena itu purna bhakti bukan masa-masa yang sulit bagi pegawai, jika ide dan semangat untuk berkarya terus ditumbuh kembangkan, “Tidak ada kata terlambat, kita harus bisa menangkap peluang dan menciptakan peluang, jangan ada kata walaupun sudah purna bhakti, PNS yang purna bhakti sebenarnya merupakan warga masyarakat yang masih potensial, karena itu harus dimanfaatkan secara optimal”, tegasnya.

Untuk itu, Pj Walikota Tebingtinggi sangat mengharapkan kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan penuh semangat dan keseriusan, karena melalui kegiatan ini para peserta akan memperoleh banyak informasi dan ilmu pengetahuan yang dapat diaplikasikan sesuai minat dan potensi peserta.

Sementara itu, narasumber dari PT Bank Sumut Cabang Tebingtinggi, Muhammad Febrian menyampaikan, kegiatan job training pra pensiun sebagai upaya edukasi dan pencerahan kepada kalangan PNS sebelum memasuki masa purna bhakti agar lebih bersemangat dalam menjalani hidup ditengah-tengah masyarakat. “Terima kasih kepada Pemko Tebingtinggi yang telah menjalin kerjasama dengan PT Bank Sumut, diharapkan kerjasama ini terus berkesinambungan”, harapnya.

Kegiatan job training Pra Pensiun PNS di lingkungan Pemerintah Kota Tebingtinggi diikuti oleh 125 peserta dan berlangsung selama 2 hari. Para peserta mendapat materi pengenalan produk Bank Sumut melalaui permodalan dan perkreditan, pembelajaran dan motivasi pembekalan serta pengembangan usaha kecil dan pemasarannya. (ferdinan)

Tinggalkan Balasan

Top