PEMKAB NIAS GELAR HALAL BIHALAL

Nias, Zonasumut.com– Pemerintah Kabupaten Nias gelar acara halal bi halal di Pendopo Bupati Nias, Senin malam (03/07)

Ketua panitia pelaksanaan halal bi halal Drs, Dahalanroso Lase dalam laporannya menyampaikan, tujuan dilaksanakannya halal bi halal oleh Pemerintah Kabupaten Nias adalah sebagai wadah dalam memupuk dan memelihara silaturahmi dan hubungan persaudaraan antara pemerintah daerah dengan umat beragama, khususnya kaum muslimin yang merayakan Idul Fitri 1438 H/2017 M.

Halal bihalal juga sebagai alat untuk memelihara dan menjaga kerukunan hidup antar umat beragama. Ucapnya

Al Ustadz Drs. H. Ja’afar Harefa.  Pada ceramahnya, mengatakan bahwa Idul Fitri adalah anugerah Allah kepada orang mukmin yang menunaikan ibadah puasa sepanjang Ramadhan. Ia sebagai tanda kemenangan melawan segala tuntutan hawa nafsu yang menggoda jiwa selama sebulan berpuasa.

Ia juga menyampaikan, sebagaimana Rasululah Saw telah bersabda, bahwa Jihad yang paling utama adalah jihad seseorang melawan hawa nafsunya, sebab tidak sedikit manusia yang kalah oleh dirinya sendiri karena hawa nafsu, maka untuk itu, perang melawan hawa nafsu sangatlah berat, sebab hawa nafsu itu ditopang oleh syaitan yang terkutuk.

“Memasuki 1 Syawal, Hari Raya Idul Fitri, adalah hari yang paling bermakna karena setelah diuji selama sebulan penuh di bulan Ramadhan, artinya sudah secara sah terlewati. Lelah payah yang dilakukan insya Allah akan diganti dengan kesucian dan pengampunan, seperti janji Allah kepada manusia yang bertaqwa,” jelas Ustazt Ja’afar Harefa.

Di kesempatan itu juga, Ketua Denominasi Gereja Pendeta Bethel Ndraha melalui sambutannya menyampaikan, di wilayah Kabupaten Nias dalam kehidupan antar umat beragama tidak menganut faham kaum mayoritas dan minoritas melainkan, dalam hidup berdampingan antar umat beragama yakni, berdiri sama tinggi dan duduk sama rendah.

Menurut Bethel Ndraha bahwa di daerah ini, yang namanya kerukunan hidup antar umat beragama tetap terjalin dengan baik, dimana dapat kita lihat bersama pada setiap hari-hari besar keagamaan, tidak terjadinya gesekan yang mengkhawatirkan kita, dikarenakan rasa persaudaraan yang penuh kekeluargaan. Ujar Bethel

Bupati Nias Drs. Sokhiatulo Laoli, MM dalam arahan menyampaikan, atas nama Pemerintah Kabupaten Nias maupun peribadi, menyampaikan ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1438 H/2017 M semoga amal ibadah saudara-saudari kaum Muslimin selama Bulan Ramadhan, diterima Tuhan Yang Maha Esa.

Setelah satu tahun berlalu masa kepemimpinannya  di Kabupten Nias untuk periodesasi kedua tahun 2016-2021, tepatnya 10 Juni 2017, dimana Pemerintah Kabupaten Nias memiliki visi “terwujudnya Kabupaten Nias yang maju, mandiri dan sejahtera”, dengan salah satu misi, diantara 5 misi lainnya yaitu: ”menata kehidupan sosial kemasyarakatan yang berbudaya, religius dan taat hukum”.

Dari misi tersebut, diarahkan dan diharapkan, diantaranya terpelihara dan terjaganya kerukunan hidup beragama di tengah-tengah masyarakat Kabupaten Nias, dalam kerangka Negara kesatuan Republik Indonesia, karena perbedaan dan keberagaman merupakan konsensus Nasional sejak Indonesia diproklamirkan.

Diakhir katanya Sokhi’atulo laoli menyampaikan terima kasih kepada pimpinan dan anggota Forkopimda dn seluruh hadirin atas kehadiran pada acara halal bi halal Pemerintah Kabupaten Nias dalam suasana Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah/2017 Masehi.

Pada acara tersebut turut Hadir Wakil Bupati, Kapolres Nias dan Wakapolres, mewakili Dandim 0213/Nias, mewakili Kajari dan Ketua Pengadilan Negeri Gunungsitoli, sejumlah anggota DPRD, Ketua BNN Gunungsitoli, Kakan Kemenag Nias dan Gunungsitoli, pimpinan BUMN dan BUMD serta sejumlah organisasi keagamaan, pimpinan SKPD bersama seluruh staf

Acara Halal bihalal ini turut dimeriahkan oleh penampilan group Nasyid Buruti dari Tetehosi Idanogawo dan Group Nasyid Seroja dari Kelurahan Saombo Gunungsitoli. (Trozid Harefa)

Tinggalkan Balasan

Top