WABUP NIAS HADIRI PERINGATAN HARI JADI KABUPATEN NIAS SELATAN KE-14

Nias, Zonasumut.com – Wakil Bupati Nias Aroskhi Waruwu, SH, MH hadiri peringatan hari jadi Kabupaten Nias selatan yang Ke-14 yang digelar di teluk Dalam Nias selatan, baru-baru ini.

Selain Wakil Bupati Nias yang hadir juga turut dihadiri oleh Bupati Nias barat, Bupati Nias Utara, Walikota Gunungsitoli dan sejumalah SKPD dari masing-masing Kabupaten/Kota sekepulauan Nias.

Pada acara peringatan hari jadi Kabupaten Nias selatan yang ke-14 tersebut mengangkat Tema “Nisel Kerja, Rakyat Sejahtera”.

Dalam Amanatnya Bupati Nias Selatan DR.Hilarius Duha, SH, MH selaku Inspektur upacara pada acar tersebut, menyampaikan tepat pada hari ini kabupaten Nias selatan genap berusia 14 tahun, pembentukan Kabupaten Nias selatan  pada tanggal 28 juli 2003 merupakan suatu anugrah besar dari Tuhan yang maha besar, dan tidak terlepas dari jerih payah seluruh pejuang pembentukan kabupaten Nias selatan yang didukung  leh seluruh rakyat Nias selatan.

Memwujudkan kabupaten Nias selatan sebagai daerah otonomi penuh perjuangan, tantangan dan pengorbanan , serta membutuhkan waktu yang cukup lama, sebagai daerah yang bermartabat, sudah sepantasnyalah kita tidak melupakan pengorbanan dan jasa-jasa seluruh pejuang pemebntukan Kabupaten Nias selatan.

Keberadaan Kabupaten Nias selatan saat ini merupakan efek positif dari implementasi undang-undang otonomi daerah yang secara eksplisit pemerintah pusat memberikan kewenangan yang seluas-luasnya kepada kabupaten/kota untuk mengatur dan mengurus daerah secara mandiri , supaya cepat terwujud kesejahteraan seluruh masyarakat Nias selatan.

Pemerintah kabupaten Nias selatan bertekad melakukan perbaikan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan peayanan umum sehingga rakyat Nisel cepat menikmati kesejahteraan
Diakhir katanya Hilarius Duha mengingatkan, bahwa ketertiban, keamanan, perlindungan masyarakat, dan penegakkan hukum diwilayah ini menjadi tuntutan masyarakat banyak, dan kita sebagai aparat harus mampu merespon setiap tuntutan.

Dana Desa dan Dana APBD supaya diarahkan secara tepat sasaran dan tepat fungsi, peneyelenggaraan pendidikan dan pelayanan kesehatan kepada masyarakat harus meningkat dan berkualitas, seluruh rakyat harus hidup cerdas, sehat dan dapat beraktifitas dengan baik, harap Hilarius.

Perencanaan pembangunan, penataan ruang wilayah, pembangunan Infrastruktur, dan pengembangan kota harus dilakukan secara komprehensif dan terintegrasi, potensi pertanian, peternakan, perikanan, kelautan, pariwisata, perkebunan dan kehutanan harus mampu dikelola dan dimanfaatkan secara optimal.

Pelayan perizinan dipermudah kepada masyarakat, supaya ekonomi keuangan dan perdagangan dapat berkembang dan tumbuh secara sehat yang pada akhirnya pendapatan masyarakat dan pendapatan asli daerah dapat meningkat. Tegas Hilarius.

(Trozid Harefa)

Tinggalkan Balasan

Top