Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman menghadiri acara Penahbisan dan Peletakan Batu Alas Gereja HKBP Sei Baru Ressort Perbaungan Distrik XXIX DS bertempat di HKBP Sei Baru Desa Naga Kisar Kecamatan Pantai Cermin, Minggu (19/11) sore.
Selain Bupati Soekirman, hadir juga dalam kegiatan tersebut Ephorus HKBP se-dunia Pdt. DR Darwin Lumban Tobing, Wadir Reskrimum Poldasu AKBP DR Maruli Siahaan, SH, MH, anggota DPRD Kota Medan Landen Marbun, SH, anggota DPRD Sergai, pengurus HKBP Sei Baru, Kades Naga Kisar Mangudut Hasugian, serta ratusan jemaat HKBP.
Disela-sela kegiatan itu Bupati Soekirman menyampaikan bahwa kedekatan yang terjalin selama ini dengan para jemaat yang luar biasa hingga saya tidak akan bisa untuk tidak hadir pada acara HKBP ini. Begitupun dengan warga HKBP, acara penahbisan dan peletakan alas ini adalah perjuangan yang sudah lama. Oleh karenanya kita patut bersyukur atas karunia Tuhan yang dilimpahkan terhadap kita semua umatnya, kata Bupati.
Menyoal tentang pembangunan yang ada di daerah ini, jika kita menyadari bahwa yang harus kita utamakan adalah bagaimana cara mencukupi air bagi para petani, dan itu telah tercapai saat ini dengan adanya pengaturan yang memadai.
Selanjutnya adalah pembangunan jalan guna mempercepat peningkatan perekonomian masyarakat. Dijelaskan Bupati tentang pelaksanaan pembangunan saat ini dan dihimbau kepada masyarakat agar tidak mudah dipolitisir oleh pihak-pihak tertentu Pembangunan yang telah dan sedang berlangsung saat ini telah dirasakan oleh masyarakat sergai, yang terbaru adalah selesainya jalan tol yang baru diresmikan presiden, paparnya.
Bupati juga menyampaikan rasa kesyukuran kita semua dan ucapan terima kasih yang sebesa-besarnya kepada Ephorus HKPB dan ibu serta seluruh jemaat HKBP yang telah mendukung Bupati-Wabup serta Program pembangunannya sekarang.
Terkhusus kepada generasi muda HKBP bahwa hanya gereja HKBP yang secara jelas dan nyata melestarikan bahasa batak sebagai salah satu bahasa daerah yang terancam punah. “Saya bangga dengan gereja HKBP dengan kekeluargaannya yang kuat dalam pelestarian adat istiadat,” tukasnya.
Diakhir sambutannya Bupati Soekirman berpesan agar selalu hati-hati dengan perkembangan teknologi yang dapat mengabaikan adat istiadat dalam kehidupan sehari-hari. HKBp bukan hanya urusan religius berbahasa daerah, namun hendaknya diaplikasikan terus dalam kehidupan sehari-hari agar bahasa batak tersebut tetap ada dan lestari.
“Mari kita jaga persatuan dan kesatuan menjelang dekatnya Pilkada nanti, jangan sampai berselisih hanya karena berbeda pilihan, karena HKBP sejak dahulu tidak pernah mempermasalahkan perbed5aan dalam hal pilihan politik,”ungkap Bupati.
Sementara itu Ephorus HKBP se-dunia Pdt. DR Darwin Lumban Tobing Mengucapan terima kasih atas kehadiran Bupati juga kepedulian Bupati yang memperhatikan jemaat HKBP khususnya di HKBP Sei baru hari ini.
Selama ini sebelum menjabat Bupati, ephorus sudah mengenalnya sebagai sebagai sosok yang peduli dengan HKBP. Setiap ada kegiatan HKBP Bupati selalu menyempatkan diri utk hadir sebagai bentuk penghormatannya kepada HKBP
Secara pribadi dan atas nama jemaat HKBP mengucapkan terima kasih dan doa agar Bupati selalu sehat dan kemanapun melangkah akan bertambah rezeki dan kesuksesan serta tetap di lindungi Tuhan YME. Ephorus sebagai pimpinan
tertinggi HKBP menitip pesan kepada Bupati untuk selalu memperhatikan jemaat HKBP dan berharap hal ini terus berkelanjutan sampai kapanpun walaupun sampai Soekirman tidak menjabat bupati lagi, ujarnya.
(BD04)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here