Sei Rampah, Zonasumut.com – Jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) melaksanakan upacara Hari Kesadaran Nasional (HKN) yang rutin dilaksanakan setiap bulannya bertempat di halaman Kantor Bupati di Sei Rampah, Senin (19/2).

Bertindak sebagai Pembina Upacara Bupati Sergai Ir. H. Soekirman, turut serta pada upacara tersebut Wakil Bupati (Wabup) Sergai Darma Wijaya, Sekdakab Drs. Hadi Winarno, MM, Kepala Bank Sumut cabang Sei Rampah Ahmad Pasundan Tarigan, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD.

Disela-sela upacara tersebut Bupati Ir. H. Soekirman menyampaikan bahwa pada tanggal 17 Februari 2018 lalu, tepat dua tahun kepemimpinan Soekirman-Darma Wijaya menjabat sebagai Bupati dan Wakil Bupati Sergai. Oleh karenanya kita patut bersyukur kepada Allah SWT karena dari tahun ketahun kesejahteraan masyarakat di Tanah Bertuah Negeri Beradat terus meningkat. Hal ini ditandai dengan peningkatan beberapa indikator makro ekonomi seperti meningkatnya Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) berdasarkan dari data Badan Pusat Statistik (BPS) Sergai Atas Dasar Harga Berlaku (PDRB-ADHB) sebesar Rp. 20.166,1 Trilyun Rupiah pada tahun 2015 meningkat menjadi Rp. 22.113,8 Trilyun Rupiah pada tahun 2016.

Demikian juga untuk IPM mengalami peningkatan yaitu dari 68,01 pada tahun 2015 meningkat menjadi 68,77 pada tahun 2016. Sedangkan pada tahun 2017 angka rata-rata lama sekolah mencapai 9,01 naik 0,93 poin dari capaian tahun 2016 sebesar 8,08 tahun. Akan tetapi kita masih memiliki target yang cukup optimis pada tahun 2021 sebesar 12 tahun, kata Bupati.

Lebih lanjut disampaikan Bupati bahwa untuk urusan wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar antara lain adalah urusan dibidang pendidikan. Peningkatan kinerja dibidang pendidikan dapat ditandai dari peningkatan beberapa indikator utama. Diantaranya yang penting adalah meningkatnya angka melek huruf, Angka Partisipasi Kasar (APK) dan angka kelulusan tahun 2017. Angka melek huruf di Sergai sudah mencapai 98,88%, APK untuk jenjang pendidikan SD/MI sudah mencapai 112,79% dan untuk pendidikan SMP/MTs sudah mencapai 98,82%. Sedangkan kelulusan SMA sampai tahun pelajaran 2016/2017 yang lalu mampu pula kita tingkatkan secara signifikan yakni telah mencapai 100% dan angka kelulusan ke PTN mencapai 4,44%. Hal ini tentu kita harapakan tetap dapat dipertahankan dan ditingkatkan pada tahun ajaran 2017/2018 yang akan datang.

Selama dua tahun telah banyak capaian dan inovasi yang kita raih. Untuk itu saya mengucapkan terimakasih kepada kita semua yang telah bersungguh-sungguh mewujudkan Sergai yang unggul, inovatif dan berkelanjutan. Oleh karenanya melalui “21 Peraihan” yang merupakan indikator keberhasilan pencapaian visi dan misi Bupati Sergai periode 2016-2021 menjadi perhatian kita bersama, kata Bupati.

Bupati menghimbau untuk setiap OPD harus mengambil bagian dalam pencapaian “21 Peraihan”. Sedangkan bagi OPD yang tidak memiliki hubungan secara langsung terhadap raihan tersebut agar tetap melakukan inovasi dalam upaya mewujudkan Good Government.

Kemudian Bupati Soekirman bersama dengan Wabup Darma Wijaya terus mendorong dan memberi semangat membangun kekompakan terhadap semua OPD. Terkhusus kepada Kepala OPD agar terus menumbuhkan semangat dalam tim kerjanya bersama jajaranya.

“Tumbuhkan rasa kekompakan dan bangun tembok yang kokoh, singkirkanlah ego sektoral dan jadilah satu untuk untuk semua, semua untuk satu agar dengan kekompakan yang luar biasa ini, kita kuat dan mencapai keberhasilan,” ujarnya Bupati.

Usai melaksaknakan upacara HKN diberikan tali asih kepada ASN yang memasuki masa pensiun di tahun 2018.

(mta)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here