Sei Rampah, Zonasumut.com – Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman didampingi Wabup Darma Wijaya, Sekdakab Drs. Hadi Winarno, MM tengah melantik kepengurusan Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) dan Lembaga Seni Qasidah Indonesia (LASQI) Periode 2017-2022 bertempat di Aula Sultan Serdang Komplek Kanor Bupati di Sei Rampah, Rabu (21/2).

Pelantikan LASQI Sergai berdasarkan SK Bupati Sergai No.586/18.3/Tahun 2017 tanggal 29 Desember 2017. Sedangkan untuk pengurus LPTQ Sergai dilantik berdasarkan SK Bupati Sergai No. 164/18.3/Tahun 2017 Tanggal 29 Desember 2017.

Turut hadir dalam pelantikan tersebut Asisten Ekbangsos Ir. H. Kaharuddin, Asisten Administrasi Umum H. Karno, SH, MAP, Sekretaris Umum LPTQ Sumut Drs. H. Milwan Yusuf, Sekretaris Umum LASQI Sumut Drs. H. Agus Thair Nasution, Ketua MUI H. Lukman Yahya, Kakan Kemenag H. M. Syafi’i, MA, Kepala OPD, Camat dan para pengurus yang akan dilantik.

Usai melantik, Bupati Sergai Ir. H. Soekirman menyampaikan bahwa sehubungan dengan launching pemakaian busana melayu pada moment 2 tahun kepemimpinan Soekirman-Darma Wijaya sebagai bentuk pelestarian budaya melayu di Tanah Bertuah Negeri Beradat ini. “Dengan busana melayu tersebut yang identik dengan Islami menjadi penyemangat dalam penyebaran syiar Islam,” ungkapnya.

Kaitannya dengan hal tersebut diatas lanjut Bupati bahwa LPTQ dan LASQI ini memiliki peran penting bahwa bagaimanapun dengan ilmu hidup menjadi mudah, dengan agama hidup menjadi terarah dan seni menjadikan hidup lebih indah, ujarnya.

Untuk poin seni dalam hal ini yang menjadi ranah LPTQ dan LASQI karena pembinaan kaum muda Islam dalam hal seni membaca ayat suci Al Quran serta seni nasyid maupun qasidah adalah tujuan utama dari kedua lembaga ini.

Budaya-budaya sederhana namun penuh nilai-nilai kebaikan yang sangat membekas dalam kehidupan masyarakat seperti contohnya tata cara khatam Al Quran serta nasyid di acara pernikahan tentu sangat perlu dilestarikan oleh kita semua, kata Bupati.

Bupati menghimbau agar dilakukan pendataan jumlah orang yang memiliki kemampuan seni membaca Al Quran dan seni nasyid. Hal ini sebagai antisipasi agar aset seni budaya keagamaan tersebut tidak sulit kita temui, ujarnya.

Kemudian Bupati Soekirman mengajak seluruh yang hadir untuk lebih memikirkan memberikan reward, dukungan dan penghargaan bagi para pelantun Al Quran serta seni nasyid. Hal ini sebagai bentuk penghargaan yang memang sangat pantas untuk mereka dapatkan.

Seperti diketahui, pada MTQ ke-XXXVI di Dairi tahun lalu, Kafilah Kabupaten Sergai meraih prestasi menjadi Juara II Tingkat Provsu. Dengan dilantiknya Kepengurusan LPTQ dan LASQI Sergai ini menjadi pemacu untuk meraih prestasi yang lebih tinggi lagi pada gelaran MTQ selanjutnya, pungkasnya.

Sementara itu Sekretaris Umum LPTQ Sumut Drs. H. Milwan Yusuf menyampaikan rasa bangganya atas pelantikan hari ini yang dihadiri lengkap Pimpinan Daerah. “ Mari kita buat program untuk pengembangan LPTQ mengingat lengkapnya dukungan dari pimpinan daerah tersebut. Oleh karenaya kami berharap kepengurusan LPTQ Sergai dapat bekerjasama dengan lembaga pelatihan Quran, Rumah Tanfidz untuk menjaring ibit-bibit Qori, Hafidz yang dapat menjadi asset daerah dalam gelaran MTQ tingkat daerah maupun nasional. Jika kita semua bekerjasama maka saya yakin LPTQ Sergai dapat mencapai puncak keberhasilan dalam pembinaan umat islam dalam memahami Al-Quran, katanya.

Sedangkan Sekretaris umum LASQI Sumut Drs. H. Agus Thair Nasution memberikan apresiasi atas dilantiknya kepengurusan LASQI Sergai. Kepada pengurus agar menjadi pihak yang pro aktif menjemput bola, bukan hanya menunggu bola. Artinya mari berbuat dahulu dengan ikhlas atas nama Allah agar syiar Islam semakin menggema diseluruh muka bumi.

(mta)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here