Dolok Masihul, Zonasumut.com – Wakil Bupati Serdang Bedagai (Sergai) secara resmi membuka pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) XIV yang diawali dengan pawai taaruf bertempat di Aula Balai Silaturahmi Masjid Besar Jamik Kelurahan Pekan Dolok Masihul Kecamatan Dolok Masihul, Rabu (22/2).

Turut hadir dalam acara tersebut unsur Muspika Kecamatan, Camat Dolok Masihul Syarif Sitopu, tokoh agama, tokoh masyarakat, para Kades se-Kecamatan Dolok Masihul, pelajar dan para peserta lomba MTQ se-Kecamatan Dolok Masihul.

Acara yang berlangsung selama satu hari satu malam ini diikuti sebanyak 116 peserta yang terbagi dalam Tartil sebayak 48 peserta, Anak-anak 34 peserta, Remaja 24 peserta serta dewasa sebayak 11 peserta dari 24 desa di Kecamatan Dolok Masihul

Mengawali sambutannya Wabup Sergai Darma Wijaya menyampaikan bahwa dengan mengamalkan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari akan menjauhkan kita dari perbuatan yang dilarang oleh agama serta mampu menangkis berbagai isu. Situasi dan kondisi yang mungkin tidak menentu akan menimbulkan dampak negatif seperti penyalahgunaan narkoba, minuman keras, judi serta penyakit masyarakat lainnya.

Oleh karenanya, berbagai macam hal dapat ditempuh bagi setiap manusia dalam mengamalkan ajaran agama, dengan menumbuhkembangkan minat baca Al-Qur’an bagi anak-anak kita sehingga nantinya anak tersebut tumbuh menjadi anak yang taat akan perintah agama serta rajin beramal shaleh, kata Wabup.

Kemudian Wabup Darma Wijaya mengatakan, melalui kegiatan MTQ ini diharapkan mampu mendorong semua pihak untuk memahami isi kandungan Al-Qur’an secara sempurna. Dengan demikian saya himbau para guru, pihak pemerintahan desa dan masyarakat untuk terus berupaya mencari minat serta bakat anak anak yang ada di sekitar kita. “ Jika kita bersatu pasti kita akan dapat membina dan mendidik generasi bangsa yang kaya akan ilmu agama,” ungkapnya.

Sementara Camat Kecamatan Dolok Masihul Syarif Sitopu mengatakan bahwa nantinya hasil dari seleksi terbaik MTQ tingkat kecamatan akan ikut diperlombakan dalam MTQ tingkat kabupaten. Kami berharap peserta dapat mengharumkan nama Kacamatan Dolok Masihul di tingkat Kabupaten Sergai maupun tingkat yang lebih tinggi lagi. “Kami juga telah memanggil guru membaca Al-Qur’an untuk mendidik putra-putri asli Dolok Masihul agar gemar dan pandai menbaca kitab suci Al-Qur’an.

(mta)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here