Sei Rampah, Zonasumut.com – Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman didampingi Ketua TP PKK Ny. Hj. Marliah Soekirman menghadiri acara Sarasehan ke-32 Yayasan Bina Keterampilan Pedesaan Indonesia (Bitra) bertempat di Desa Durian Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batu Bara, Selasa (6/3).

Hadir dalam kesempatan tersebut Pjs. Bupati Batubara M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, Sekdakab Batubara H. Sakti Alam Siregar SH, Kepala OPD, Direktur Eksekutif Bitra Indonesia Wahyudhi, para Camat dan Kepala Desa, Asosiasi Pengobatan Alternatif Sumut (Apasu) serta para peserta dari kelompok binaan Bitra se-Sumut.

Bupati Sergai Ir. H. Soekirman selaku Pendiri Yayasan Bitra Indonesia diawal ssmbutannya mengucapkan selamat datang kepada semua peserta Sarasehan yang ke 32 tahun dan alhamdulillah kita bersyukur tidak pernah absen untuk melaksanakan setiap tahunnya.

Dikatakan Bupati Soekirman bahwa seperti filosofis yang Bitra pakai saat pertama kali didirikan yaitu Berfikir Bersama Untuk Berbuat Bersama (BBUBB). Hari ini kita berfikir bersama untuk berbuat bersama dalam kegiatan ini bersama Bitra sebagai pendamping orang-orang yang ingin maju.

“Mari gunakan waktu yang ada ini dengan sebaik mungkin guna mendorong partisipasi masyarakat didalam pembangunan. Khusus kepada kelompok binaan Bitra agar saling membantu serta selalu semangat dalam berkarya dan memunculkan buah fikiran inovatif dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia,” ungkap Bupati.

Soekirman juga berpesan bahwa kegiatan ini menjadi sejarah tentang kuatnya akar rumput didalam masyarakat menjadi bukti peran Bitra bersama masyarakat dalam membangun yang dimulai dari desa, pungkas Bupati Soekirman.

Sementara itu Direktur Eksekutif Bitra Indonesia Wahyudhi mengemukakan bahwa Yayasan Bitra Indonesia bekerja untuk penguatan dan pemberdayaan masyarakat di 10 kabupaten/kota di Sumut seperti Sarasehan 32 tahun Bitra Indonesia yang kita laksanakan di pada hari ini.

Oleh karenanya kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun ini bertujuan untuk mengumpulkan semua kelompok dampingan dalam rangka melakukan evaluasi, monitoring dan mendiskusikan isu-isu terkait dengan pertanian, kebijakan pemerintah dan program Bitra lainnya.

Kegiatan yang berlangsung selama 3 (tiga) hari mulai 6-8 Maret 2018 ini dihadiri sekitar 300 peserta dari unsur petani, kaum perempuan, pengobat tradisional, pekerja rumahan dan masyarakat miskin,kata Wahyudhi.

Sedangkan Pjs. Bupati Batubara H. M. Faisal Hasrimy, AP, MAP dalam sambutannya mengutarakan untuk melakukan apa yang dapat kita lakukan sekarang, walau sekecil apapun itu. Seperti apa yang telah dilaksanakan Bitra pada awal terbentuk dahulu, menjadi pembelajaran dan inspirasi bagi kita dalam berbuat hal yang baik terlebih hal tersebut bermanfaat untuk orang banyak.

Khusus kepada OPD di Batubara, tidak perlu jauh-jauh mencari pelajaran tentang hal-hal terbaik guna mendukung proses percepatan pembangunan daerah, semuanya telah ada pada sosok-sosok binaan Bitra yang hadir pada hari ini, tutur Faisal.

Acara diisi dengan penyerahan bantuan hewan kambing dari Pemkab Batubara kepada panitia, peninjauan lomba memasak ikan dan stand pameran produk unggulan dari Kabupaten Batubara, Sergai, Deli Serdang, Langkat, Binjai, Karo, Samosir, Simalungun, Tebing Tinggi dan Serikat Pekerja Rumahtangga (SPR).

(mta)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here