Serdang Bedagai, Zonasumut –  Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi meresmikan Puskesmas Daerah Perbatasan yakni Puskesmas Tanjung Beringin di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) yang merupakan bantuan dari pemerintah pusat (Kementerian Kesehatan RI).

Kegiatan yang berlangsung di halaman kantor Bupati Sergai, Jumat (9/3/2018) tersebut, dirangkaikan dengan penandatangan MoU dengan BPJS Cabang Lubuk Pakam, pemberian Kartu Nelayan dan beras sejahtera kepada masyarakat.

Adapun yang Hadir , Bupati Sergai Soekirman, Wakil Bupati Sergai Darma Wijaya, Plt. Sekdaprovsu Ibnu S Utomo, Direktur Fasilitas Pelayanan Kesehatan Dirjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI dr. Andi Saguni, Ketua TP. PKK Sumut Hj. Evi Diana Erry dan pengurus, para Kepala OPD Provsu, Sekdakab Sergai Hadi Winarno, Ketua TP PKK, Ketua GOPTKI dan Ketua DWP Sergai beserta pengurus,  para Kepala OPD, Camat, Lurah dan Kades se-Sergai, Kepala BPJS Cabang Lubuk Pakam, Kepala Kantor Pertanahan, BPS, BNN Sergai, para Kepala Puskesmas se-Sergai, tokoh agama, tokoh masyarakat serta kader PKK se-Sergai.

Gubsu Erry Nuradi dalam kesempatan itu mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Kesehatan RI yang telah membangun Puskesmas untuk daerah perbatasan yakni Puskesmas Tanjung Beringin.

Tengku Erry berpesan bahwa puskesmas yang baru dibangun dengan megah hendaknya harus diimbangi dengan pelayanan yang baik. Sehingga kedepannya dapat memperoleh predikat Puskesmas Paripurna, yang salah satu persyaratannya harus memiliki amdal.

Sebelumnya, Direktur Fasilitas Pelayanan Kesehatan Dirjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI dr. Andi Saguni dalam kesempatan itu mengatakan bahwa modal pembangunan adalah kesehatan. Untuk membangun kualitas dan akses kesehatan, pemerintah pusat melalui Kementerian RI akan mbangun 124 puskesmas daerah perbatasan, salah satunya Puskesmas Tanjung Beringin ini.

Pembangunan puskesmas ini merupakan salah satu yang terbaik di Indonesia, untuk itu pelaksanaannya harus baik dengan dikawal oleh pemerintah daerah dalam hal ini Pemkab Sergai.

‘’Ini menjadi tanggung jawab kita bersama antara Pemerintah pusat,  pemprov dan pemkab, oleh karenanya manfaatkanlah dengan baik dengan cara memelihara dan menciptakan pelayanan yang bermutu dan berkualitas denga menyediakan SDM,’’ ujarnya.

(M.diq)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here