Lampung, 3 Mei 2018 – Memiliki misi untuk menaikkelaskan masyarakat Indonesia, Bukalapak terus berupaya mengadakan sejumlah kegiatan yang bermanfaat, seperti yang diadakan oleh Komunitas Bukalapak di Kota Tapis Berseri, Lampung. Komunitas Bukalapak Lampung menggelar acara Bukalapak Goes to Campusbertempat di Universitas Lampung yang dihadiri lebih dari 100 orang peserta yang terdiri dari mahasiswa dan umum. JNE sebagai mitra logistik Bukalapak juga turut mendukung terselenggaranya kegiatan ini.

Leyana Riesca, Community Engagement Manager Bukalapak, mengatakan “Bukalapak Goes to Campus yang diadakan ini bertemakan ‘Mudahnya Jadi Jutawan di Era Digital’. Melihat fenomena penetrasi penggunaan internet di Indonesia, kami ingin memberikan wawasan kepada para mahasiswa bahwa melaluigadget yang sehari-hari mereka genggam banyak peluang yang dapat dimanfaatkan dengan berwirausaha secara online”.

Provinsi Lampung terkenal dengan berbagai hasil bumi yang bisa dimanfaatkan menjadi produk-produk unggulan untuk dijual, seperti kopi, kakao dan pisang. Kerajinan aksesoris etnik Lampung yang sudah dimodernisasi untuk menjadi fashion item juga merupakan salah satu produk yang bisa dibanggakan. Namun saat ini, kurangnya inovasi dan edukasi cara untuk memasarkan produk tersebut menjadi kendala yang dihadapi oleh para pelapak Bukalapak di Lampung. Kemampuan berjualan mereka masih perlu dikembangkan jika dibandingkan dengan pelapak di kota-kota besar lainnya.

Bekerjasama dengan Center for Career and Entrepreneurship Development (CCED) Universitas Lampung, Komunitas Bukalapak akan mewujudkan Mahasiswa Wirausaha yang mahir dalam berbisnis online dan memiliki penghasilan yang melimpah melalui bisnis tersebut. Beberapa materi seperti bagaimana memanfaatkan teknologi digital yang sedang berkembang di era ini untuk menjadi pebisnis online diberikan pada kesempatan ini kepada para mahasiswa oleh Ranger Komunitas Bukalapak Lampung, Om Didi Nofantoro. Mereka juga akan diberikan bimbingan selama satu bulan melalui kegiatan Belajar Ngelapak yang sudah disiapkan oleh Komunitas Bukalapak Lampung.

 Leyana Riesca menambahkan bahwa pada kegiatan ini Komunitas Bukalapak Lampung mendapatkan dukungan dari mitra logistik Bukalapak, yaitu JNE Lampung. Perwakilan JNE Lampung turut memberikan materi tentang produk-produk JNE yang bisa dimanfaatkan oleh para pelapak untuk memaksimalkan operasional pengiriman barang pesanan kepada pembeli.

 Luthfi Pahlevy, Kepala Cabang Utama JNE Lampung, mengatakan, “Kami senang dapat berpartisipasi mendukung kegiatan Bukalapak Goes to Campus ini. Melalui fasilitas jasa pengiriman yang JNE miliki, kami yakin bisa membantu optimalisasi bisnis online para pelapak Bukalapak khususnya di Kota Lampung, untuk pengiriman barang kepada pembeli sekalipun barang yang akan dikirim tersebut memiliki ukuran yang besar dengan menggunakan layanan JNE Trucking”.

Komunitas Bukalapak yang saat ini sudah tersebar di lebih dari 86 kota di seluruh Indonesia, merupakan inisiatif dari para pelapak Bukalapak sendiri. Hingga saat ini jumlah pelapak di Bukalapak telah mencapai lebih dari tiga juta pelapak.

“Komunitas Bukalapak memiliki tagline sukses sendiri itu biasa, sukses berjamaah itu luar biasa. Tagline tersebut dapat diwujudkan melalui konsep gotong royong dan kolaborasi. Harapannya, dalam setiap kerja sama yang terjalin dengan pihak manapun akan memberikan dampak yang besar bagi kemajuan UMKM di Indonesia” tutup Leyana Riesca.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here