Serdang Bedagai, Zonasumut.com – Kegiatan Orasi Perwakilan Organisasi Buruh Dan Karyawan Dipusatkan di Lapangan Firdaus Kecamatan Sei Rampah, Pada Hari Selasa (01/05/18)

Kegiatan orasi juga hadir Darma Wijaya Wakil Bupati dan di dampingin oleh  Ketua DPRD H. Syahlan Siregar, ST, Kapolres Sergai AKBP Juliarman Eka Putra Pasaribu, S.Sos, SIK, M.Si, perwakilan Kajari, Kakan Kesbangpol Drs. Purba Siregar, Kadis Nakerkopum diwakili Sekretaris Abdul Haris, S.Sos, MAP, Camat Sei Rampah Nasaruddin Nasution, S.Sos, serta ratusan buruh pekerja yang tergabung dalam organisasi SBSI 1992, F.SPPP-K.SPSI, K.SPSI, OSPKMM PT. TMN, PK. KAMIPARHO SBSI, PERBBUNI, SP. BUN-PTPN III, SP2MLSU serta unsur masyarakat lainnya yang hadir.

Dalam orasi perwakilan organisasi buruh dan karyawan yang dibacakan oleh Agan Surya Tanjung, SH disampaikan apresiasi kepada Pemkab Sergai khususnya Bupati dan Wakil Bupati, karena telah mengingat sekaligus menghargai jasa para buruh yang telah memberikan loyalitas dan totalitas untuk perusahaan – perusahaan di daerah ini yang tentunya turut membantu dan berperan aktif dalam memajukan Kabupaten Serdang Bedagai.

Beberapa aspirasi yang diharapkan untuk disampaikan oleh Pemerintah Daerah kepada Pemerintah Pusat  antara lain tuntutan pencabutan PP 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan yang dirasa merugikan kaum buruh, selanjutnya agar dilakukan penghapusan sistem buruh kontrak (outsourching). Penurunan harga sembako juga menjadi hal yang diharapkan, selain menolak masuknya tenaga kerja asing yang semakin mempersulit masyarakat pribumi untuk mendapatkan pekerjaan.

Selanjutnya para buruh meminta kepada Pemkab Sergai untuk bertindak tegas terhadap perusahaan-perusahaan yang melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku seperti yang tidak memberikan hak-hak buruh/karyawan berupa jaminan kesehatan. Selain itu agar Pemkab Sergai lebih intensif dalam mengawasi kesejahteraan dan kesehatan bukan hanya buruh dan karyawan, namun juga keluarganya.

Sebelum menanggapi aspirasi perwakilan organisasi buruh tersebut, Wabup Darma Wijaya menyampaikan salam dari Bupati Soekirman yang saat ini sedang melaksanakan tugas diluar negeri.

Darma Wijaya,Mengatakan ‘’ bahwa momen setiap tanggal 1 Mei ini merupakan sejarah bagi buruh dan pekerja sebagai hari buruh internasional sebagai bentuk penghargaan kepada buruh dan karyawan yang perannya sangat penting dan tidak bisa dipandang sebelah mata’’ ujarnya .

Terkait tuntutan yang disampaikan perwakilan organisasi buruh dan karyawan tersebut, Wabup menyatakan sependapat, selain karena latar belakang orang tua yang juga buruh dan karyawan, bahwa memang kesejahteraan buruh dan karyawan memang sudah selayaknya dipenuhi karena merupakan tanggung jawab Pemerintah. “Untuk itu saya berjanji untuk bersama Bupati akan menyampaikan aspirasi kaum buruh dan karyawan ini kepada Pemerintah Pusat”, ujar Darma Wijaya.

Lebih lanjut Wabup menyampaikan latar belakang kemajuan teknologi saat ini diakui memang berdampak telah mengurangi jumlah karyawan dan buruh padat karya. Untuk itu kita harus berfikir yang lebih positif dan melahirkan inisiatif dan inovasi guna meningkatkan perekonomian rakyat yang intinya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

 

(DZ-M.Diq)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here