Equaliz Tuangkan Rasa Melalui Musik

Medan, Zonasumut.com – “Musik bahasa universal”. Tentu kata – kata ini tidak asing terdengar lagi di kalangan pecinta musik dari berbagai lapisan masyarakat. Equaliz band lokal asal Medan juga setuju akan pepatah mengenai musik ini. Musik yang dibawakan dengan bahasa yang berbeda, dengan budaya yang berbeda dapat menyatukan berbagai rasa dari setiap pendengarnya. Begitulah pula dengan band Equaliz yang mencoba menyampaikan rasa dari setiap lirik lagunya, ke seluruh pendengar dengan budaya yang berbeda.
Equaliz adalah band lokal Medan yang lahir dan terbentuk pada tanggal 1 Oktober 2014. Band bergenre british rock yang beranggotakan 5 pria maskulin ini telah meniti karir permusikan mereka selama 5 tahun. Band Equaliz tediri dari empat orang alumni dan satu orang mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya jurusan Etnomusikologi USU. Equaliz telah aktif mengikuti berbagai event dan perlombaan, tak hanya ikut berpartisipasi namun Equaliz juga berhasil memperoleh berbagai penghargaan dari perlombaan yang mereka ikuti. Hal ini tentu membuat nama band ini semakin dikenal di dunia permusikan.
Band Equaliz yang di gawangi oleh Benny Tambak (Vokalis), Joseph Reno (Bassist), Salomo Sianturi (Keyboardist), Ranto Okto Samuel (Gitaris), dan Pandde Goppaz (Drummer) ini memiliki segudang prestasi. Personil Equaliz telah menjadi peserta dan perwakilan dari USU di IMT – GT ( Indonesia Malaysia Thailand – Growth Triangle) dan salah satu personilnya yakni Pandde Goppaz memperoleh penghargaan di USU Jazz Festival 2018. Para personil yang memiliki berbagai macam keahlian nya masing – masing di bidang musik ini menjadikan kombinasi dari band pop rock asal Medan satu ini semakin komplit bagi para pecinta musik.

Processed with VSCO with m5 preset

Berbagai prestasi telah berhasil diraih oleh Equaliz, seperti menjadi finalis Soundrenaline 2015 di GWK Bali, ranking 1 Samosir Band Festival 2016, ranking 1 Samosir Band Festival 2017, finalis Rockin Battle 2017 dan masih banyak lagi.
Equaliz juga aktif mengikuti berbagai event yang dilaksanakan di daerah seperti halnya menjadi Guest Star Siantar Man Art Festival, 2017 di Siantar, Guest Star Pesona Budaya Batak, 2017 di Parapat, Guest Star 1000 Tenda, 2017 di Paropo, dan event-event lain nya. Equaliz tidak hanya mengembangkan sayap di pulau Sumatra saja, namun band asal USU ini juga telah sampai di pulau Kalimantan dan pulau Jawa berkat kecakapan mereka dalam bermusik.
Musik Equaliz menjadi ciri khas sendiri bagi band satu ini, dengan mempertahan kan bahasa Indonesia dalam setiap lirik lagunya. Hal ini tentu saja berbeda di tengah banyak nya band bergenre british – rock lain.
“Hal yang selalu kami pertahan kan dalam setiap lagu kami ya menggunakan bahasa Indonesia, karena ya kita semua tau kan banyak band yang seperti kita ini; tapi ya banyak menggunakan bahasa – bahasa asing. Dari sinilah kami berfikir bahwa mempertahan kan bahasa Indonesia bakalan jadi ciri khas dari band kami ini” tutur Benny vokalis dari band Equaliz.
Equaliz telah memiliki 4 single, dimana dua diantaranya berjudul Pergi – Pergi Lah Kau Pergi dan Svara Jiwa yang dlam proses pembuatan lagunya para tim dan personel Equaliz melakukan nya sendiri dan melakukan banyak pertimbangan dan perubahan hingga lagu ini dapat dinikmati para penggemarnya yang akrab di sapa teman – teman \E/. Personel Equaliz menuangkan perasaan mereka ke dalam setiap nada dan lirik dari lagu yang mereka ciptakan bersama – sama ini.
Saat ini Equaliz tengah dalam proses perilisan album baru yang nantinya akan berisikan 10 lagu dengan 8 track list dan 2 diantaranya merupakan single hits mereka Pergi – Pergi Lah Kau Pergi dan Svara Jiwa.
Semua hal yang telah diraih oleh Equaliz lima tahun terakhir bukanlah hal yang mudah, semudah membalikkan telapak tangan, namun semuanya itu mereka lalui dengan keringat, kerja keras dan air mata sehingga dapat menjadi band kebanggaan kota Medan seperti sekarang ini. Dukungan dan doa dari keluarga juga teman – teman menjadi modal sukses dari band dengan 5 pria maskulin ini. Dan tentu nya dengan kerja sama tim dan kru yang hebat Equaliz dapat mempertahan kan eksistensi nya hingga 5 tahun ini.

(mdq)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here