DPRD Medan Minta Pemko Atur Pepohonan di Kota Medan

TRIADI WIBOWO/SUMUT POS--Gedung DPRD Medan di jalan kapten Maulana Lubis Medan, Kamis (4/9)

Zonasumut.com – Radarindo.co.id – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Medan meminta Pemerintah Kota Medan melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk melakukan peremajaan terhadap pohon-pohon yang ada di Kota Medan.

“Peremajaan itu tidak hanya dilakukan terhadap pepohonan yang ada di jalanan, tempat umum dan tempat sosial saja, tapi pepohonan yang ada di kantor-kantor instansi pemerintah juga harus diremajakan,” saran Sekretaris Komisi IV DPRD Kota Medan, Ilhamsyah, menjawab wartawan, baru-baru ini terkait kondisi pepohonan yang ada di Kota Medan.

Seperti pepohonan yang ada di sepanjang Jalan Putri Hijau hingga ke Jalan H Adam Malik, sebut Ilhamsyah, merupakan pepohonan yang sudah tua, sehingga rentan tumbang.

“Pepohonan di sepanjang jalan itu rata-rata pohon mahoni. Pohon mahoni itu memang tanaman keras, namun kalau sudah tua dia kopong di tengah dan rapuh. Kondisi itu membuat pohon rentan tumbang, apalagi kondisi angin di Kota Medan saat ini terlihat agak kencang,” katanya.

Soal peremajaan, sebut Ketua Fraksi Partai Golkar ini, tidak serta merta menjadi tanggungjawab Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Medan semata, namun juga menjadi tanggungjawab masyarakat secara keseluruhan.

Maksudnya, sambung Ilhamsyah, masyarakat juga harus melaporkan ke DKP jika ada pepohonan yang hendak dipotong ataupun di remajakan. “Ini menjadi tanggungjawab bersama. Namanya juga Medan Rumah Kita, ya kita harus menjaganya bersama-sama,” ucapnya.

Apalagi, tambah Ilhamsyah, pepohonan itu merupakan makhluk hidup yang sifatnya berubah dan tumbuh setiap saat. “Makanya, orang terdekat yang berada dengan pepohonan itu juga harus ikut menjaganya dengan melaporkan ke DKP untuk dipangkas, dipotong ataupun diremajakan,” tandasnya.

Diketahui, beberapa waktu lalu pohon di areal parkir depan Kantor Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kota Medan di Jalan AH Nasution patah di bagian tengah dan menimpa 2 unit mobil yang parkir di areal itu. Walaupun tidak ada korban jiwa, namun peristiwa itu sempat membuat heboh pegawai dan orang-orang yang sedang berurusan ke Kantor BPPRD.

(mdq)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here