Pemko Medan dan BPBD Kota Medan Menyusuri Sambil Membersihkan Sungai Deli

53

Medan, Zonasumut.com – Pemko Medan Bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kembali  Susur Sungai  dan Membersihkan Sungai Deli, Selasa (3/3/2020).

Bukan Hanya Membersihkan Sungai, aksi ini juga Menjadi Pencegahan sekaligus Tanggap Bencana, terutama banjir. Sekaligus mengedukasi masyarakat, terutama yang tinggal di bantaran sungai untuk hidup bersih dan tak buang sampah sembarangan.

Aksi Susur dan bersih-bersih sungai Deli dimulai dari jembatan Jalan Perdana, Kelurahan Kesawan, Kecamatan Medan Barat hingga Jalan Speksi Sungai Deli, persisnya belakang Pubbarram Buddhist, Kelurahan Kota Bangun, Kecamatan Medan Deli.

Adapun panjang jarak objek yang disusuri kali ini lebih kurang 9,6 Km dengan 76 titik, 38 titik sebelah kanan dan 38 titik sebelah kiri.

Aksi susur dan bersih Sungai Deli diikuti oleh Kepala BPBD Kota Medan Arjuna Sembiring, Kapolrestabes Medan Kombes Pol Jhonny Edizon Isir, Danyon Marinir Marhalan I Belawan Mayor Marinir Farick M Tr Opsla, Kadis BPBD Sumut Riadil Akhir Lubis, perwakilan dari Kodim 0201 BS serta unsur Forkopimda Kota Medan lainnya.

Susur dan aksi bersih sungai dimulai sekitar pukul 09.30 WIB. Sebelumnya seluruh tim yang terlibat dalam aksi tersebut lebih dulu mengenakan pelampung. Setelah itu dengan menggunakan sejumlah perahu karet, penyusuran dan aksi bersih pun dimulai dan finish di Jalan Speksi Kelurahan Kota Bangun.

Aksi ini kedua kalinya dilakukan, sebelumnya, Selasa (22/3/2020), telah dilakukan dengan objek mulai Avros hingga jembatan Jalan Perda dengan panjang lebih kurang 5,6 km dan sebanyak 36 titik.

Kepala BPBD Kota Medan Arjuna Sembiring menjelaskan, susur dan bersih Sungai Deli merupakan kegiatan rutin Pemko Medan. Dikatakannya, aksi ini melibatkan BPBD Kota Medan dan Provinsi Sumut, Polrestabes Medan, Kodim 02/01 BS, Yon Marinir Belawan, Basarnas, Balai Wilayah Sungai (BWS), BMKG, unsur kecamatan dan kelurahan, komunitas peduli lingkungan, akademisi dan praktisi, Karang Taruna, lurah, kepling serta masyarakat.

“Kegiatan yang kita lakukan pagi ini merupakan lanjutan kedua kalinya setelah kegiatan pertama dilakukan mulai Avros (Medan Maimun) hingga jembatan Jalan Perdana (Medan Barat). Mudah-mudahan kegiatan ini bisa menggugah kembali sekaligus mengajak masyarakat agar jangan buang sampah ke sungai, termasuk ikut berpartisipasi membersihkan Sungai Deli serta menjaga kebersihannya,” kata Arjuna.

Sejak digelar pertama kali, kata Arjuna, aksi susur dan bersih-bersih Sungai Deli mulai mendapat dukungan masyarakat, terutama yang bermukim di sepanjang bantaran sungai. Secara perlahan, kawasan yang telah dilalui mulai kelihatan bersihnya.

(diq)