BBKSDA Sumut Amankan Harimau Tapanuli yang Mamangsa Ternak Warga

251

Medan, zonasumut.com – Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumatra Utara (Sumut) mengevakuasi seekor harimau remaja dari Desa Tapus Sipagimbal, Kecamatan Aek Bilah, Tapanuli Selatan. Harimau dievakuasi karena sebelumnya beberapa kali memangsa ternak warga.

“Harimau seberat 45 kg itu masuk perangkap petugas pada Senin (24/8/2020) untuk kemudian dibawa ke Sanctuary Harimau di Barumun Nagari. Saat dicek, kondisinya dalam keadaan malnutrisi,” kata Kepala BBKSDA Sumut Hotmauli Sianturi saat konferensi pers di Kantor BBKSDA Sumut, Jalan SM Raja, Medan, Senin (31/8/2020).

Harusnya di umur segitu, lanjut Hotmauli, berat harimau normalnya di atas 60 kg. Kami menduga harimau tersebut kehabisan makanan di areal habitatnya. Apalagi biasanya di umur segitu harimau baru lepas menyusui dan sedang belajar berburu.

“Kami menegaskan, kemunculan harimau sebenarnya tidak selalu berbahaya. Namun dalam kasus ini harimau muncul di kampung itu secara periodik dan memangsa ternak warga. Selain itu, harimau juga mengancam anak-anak sekolah di kampung itu yang biasa mencari hotspot internet di areal terbuka karena belajar daring. Jadi itu alasan kami menangkap satwa langka ini untuk dievaluasi,” kata Hotmauli.

Diq