Suryani Paskah : KNPD Lakukan Penanaman Pohon di Kota Medan

138

 

Medan. Zonasumut.com
Ketua Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Demokrat Sumatra Utara (DPD KNPD Sumut), organisasi sayap Partai Demokrat, Suryani Paskah Naiborhu, mengatakan, jajaran pengurus dan kader KNPD melakukan aksi penanaman pohon di Kota Medan, di antaranya di pinggiran Sungai Deli, Sabtu (27/3/2021).
Aksi penanaman pohon ini merupakan bentuk kepedulian KNPD terhadap usaha pelestarian lingkungan.
Kegiatan penanaman pohon tersebut di antaranya dilakukan di pinggiran Sungai Deli, Kelurahan Kota Bangun, Kecamatan Medan Deli. Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua OKK, Mikhael S Siregar ST; Wakil Sekretaris, Ramadhan Syahputra; Staf Ahli Plt KNPD Medan, Rudy Herawady SH; dan Satuan Pelajar KNPD Kota Medan, Apri Abdillah.
Kemudian Ketua PAC KNPD Medan Deli, Upik Purba; Ketua PAC Medan Tuntungan, Ngalemi Ginting; Ketua PAC Medan Denai, Thamrin Erikson Samosir; Ketua PAC KNPD Medan Tembung, Junaidi; Ketua PAC Medan Marelan, Fadlan Azmi; mewakili Kepala Lingkungan VI Kelurahan Kota Bangun, Sari; Ibu-ibu PKK Kelurahan Kota Bangun; dan DPP Relawan Antisipasi Solidaritas Bencana (RENTAN).
Dalam keterangannya, Sabtu (27/3/2021), Suryani Paskah Naiborhu mengatakan bahwa aksi penanaman ini sangat penting dilakukan, karena pohon memiliki peran signifikan dalam kehidupan manusia. “Sebagai contoh pentingnya peran pohon adalah kemampuannya untuk menghasilkan oksigen. Untuk satu pohon, oksigen yang dihasilkan sebanyak 1,2 kilogram (kg) per hari, dimana manusia membutuhkan 0,5 kg oksigen per hari. Sehingga 1 pohon dapat mendukung kehidupan dua orang. Dan jika kita menebang pohon, maka itu berarti kita sudah melenyapkan persediaan oksigen,” ujarnya.
Suryani Paskah Naiborhu mengatakan, program penanaman pohon yang dilakukan jajaran KNPD di Kota Medan ini perlu dikembangkan. “Saya meminta para kader dan pengurus KNPD di Sumatra Utara (Sumut) dapat tergerak untuk melakukan aksi ini. Karena dengan demikian, maka kita berarti turut berkontribusi dalam usaha pelestarian alam sekaligus menjaga keseimbangan ekosistem makhluk hidup. Para kader KNPD di Sumut harus dapat menjadi garda terdepan dalam menjaga lingkungan agar tetap asri, sehat dan nyaman,” tuturnya.
Sementara Plt Ketua DPC KNPD Kota Medan, Jeremia S Tobing, mengimbau agar masyarakat daerah sekitar dapat menjaga kebersihan Sungai Deli dari sampah dan menjaga pohon-pohon.
Ketua OKK DPC KNPD Kota Medan, Mikhael S Siregar ST, mengatakan bahwa penanaman pohon ini merupakan bagian dari program penghijauan yang dilakukan KNPD di Kota Medan. Adapun pohon yang ditanam di antaranya adalah pohon mahoni, pohon mangga, durian dan sebagainya.
Perwakilan DPP RENTAN memberikan apresiasi atas inisiatif DPC KNPD Kota Medan yang melakukan penanaman pohon, khususnya di pinggiran Sungai Deli, Kelurahan Kota Bangun, Kecamatan Medan Deli. DPP RENTAN siap untuk bersinergi dengan KNPD dalam melakukan program-program kepedulian lingkungan.
Sedangkan Sari yang mewakili Kepala Lingkungan VI, Kelurahan Kota Bangun, memberikan apresiasi atas penanaman pohon tersebut. Pihaknya juga berharap bahwa langkah KNPD ini tidak hanya berhenti kepada penanaman pohon saja, namun juga turut terlibat dalam perawatan dan pemeliharaan pohon-pohon tersebut. “Saya mengucapkan terima kasih atas penanaman pohon ini. Semoga pohon ini dapat tumbuh dan berkembang agar penghijauan, khususnya di kawasan ini, dapat semakin mantap,” ujarnya.
(HS/Rel/Rudy)